Cara Menghitung Kebutuhan Tanah Urug - Setiap selesai melakukan pekerjaan pondasi rumah selalu berhubungan dengan Pekerjaan urugan tanah.  Pekerjaan urug tanah banyak dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, perataan taman, bandara. sedangkan pada pekerjaan rumah terdapat pada saat membuat pondasi rumah tinggal sampai dengan timbunan pada bangunan bertingkat tinggi pencakar langit. Sebelum melaksanakan pengurugan perlu dilakukan perhitungan volume kebutuhan urugan tanah agar didapatkan jumlah m3 yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Data hasil perhitungan volume pondasi m3 urugan tanah juga diperlukan untuk menghitung rencana anggaran biaya ( RAB ) yaitu dengan mengalikan volume dengan harga satuan pekerjaan tanah urug per meter kubik.
Cara cepat Menghitung Volume Kebutuhan Urug Tanah Data Terbaru 1



Contoh perhitungan volume urugan tanah

Sebuah lahan rumah ukuran 9m x 9m akan dilakukan pekerjaan pengurugan setinggi 2 m dari elevasi tanah semula, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi banjir agar lantai rumah tidak ikut terendam. apabila tanah harus dibeli dari tempat lain maka berapa jumlah m3 kebutuhanya, berapa truck tanah yang harus di beli? mari kita hitung bersama untuk memudahkan dalam membayangkan bentuk tanah maka kita buat gambarnya terlebih dahulu dibawah ini.

Gambar urugan tanah



Cara cepat Menghitung Volume Kebutuhan Urug Tanah Data Terbaru 2

Rumus volume urugan tanah = luas penampang potongan x panjang urugan.
  • Volume = lebar x tinggi x panjang.
  • V = 9 m x 2 m x 9 m = 162 m3.
lalu dalam mengurug tanah itu terjadi pemadatan, nilainya sekitar 1,2 x volume urugan tanah, jadi tanah yang dibutuhan = 1,2 x 162m3 = 194,4m3

  • Jika 1 truck mampu mengangkut tanah sebanyak 7 m3 maka jumlah total kebutuhanya adalah 194,4m3 : 7 m3 = 27,7 dibulatkan menjadi 28 truck.

  • Cara cepat Menghitung Volume Kebutuhan Urug Tanah Data Terbaru 3

Jadi total tanah yang dibutuhkan untuk mengurug pekarangan adalah sebesar 195 m3 atau  28 truck isi 7m3.

Perhitungan diatas kelihatanya mudah karena contoh soal yang kita buat hanya berupa bentuk urugan tanah kubus saja. Dalam pelaksanaan dilapangan akan banyak ditemui kontur tanah dengan  potongan penampang yang aneh-aneh dan sulit dihitung namun pada prinsipnya cara menghitung volume urugan tanah itu sama yaitu luas penampang x panjang urugan tanah. 
Sumber : harga satuan .com


0 Comments