Salah satu Negara di asia yang memiliki iklim tropis yang letaknya diantara garis khatulistiwa dan merupakan langganan dengan intesitas gempa yang cukup sering adalah Indonesia. Hal ini membuat para arsitektur nusantara banyak yang berinovasi tentang desain rumah tahan gempa. Faktanya, 6 konsep rumah tahan gempa seluruh dunia memang sudah diimplementasikan oleh para leluhur nusantara melalui rumah-rumah tradisional dan rumah panggung tahan gempa yang ada saat itu.


6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia

Baca Juga : Tampilan 3D Rumah Minimalis Type 21 Terbaru 2019

Kini, bangunan modern-pun mulai banyak yang mempertimbangkan model rumah tahan gempa untuk memastikan daya tahan yang lebih baik. Apa saja karakter dan ciri dari konsep rumah tahan gempa? Berikut penjelasan singkat mengenai ciri penting rumah tahan gempa yang perlu kamu ketahui.



  • Kualitas Tanah di Mana Rumah Tahan Gempa Berdiri

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 1google.com



Pada saat terjadi gempa, permukaan tanah adalah salah satu komponen alam yang paling terpengaruh. Untuk memastikan desain rumah tahan gempa, pastikan tanah di mana hunian berdiri memiliki kepadatan cukup baik, keras, dan tidak porus sehingga getaran yang terjadi akibat gempa tidak mengubah permukaan tanah terlalu ekstrem yang berakibat rusaknya struktur bawah bangunan. konsep seperti ini sudah di analisa pada rumah tahan gempa di jogja tahun 2005 silam.


  • Perencanaan Denah Rumah Tahan Gempa: Simetris dan Sederhana

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 2

google.com


Baca Juga : Konsep Unik Rumah Type 45 Yang Jarang Banyak Diketahui Banyak Orang

Tahukah kamu, bahwa denah rumah simetris dan sederhana (tanpa bentukan dan aksen berlebihan) sangat baik untuk rumah tahan gempa? Hal ini dikarenakan bentukan simetris membantu memperkokoh struktur konstruksi beton tahan gempa dan membuat penyebaran gaya merata. Struktur seperti ini dapat menahan gaya gempa Iebih baik karena kurangnya efek torsi dan kekekuatan yang lebih merata.


  • Konstruksi Khusus Rumah Tahan Gempa

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 3google.com

Kunci utama dari konsep rumah tahan gempa berada pada strukturnya. Struktur rumah tahan gempa harus mampu menyalurkan gaya inersia gempa ke pondasi dan ke tanah. Hal ini membuat tingkat fleksibilitas dari struktur rumah tahan gempa berserta bahan bangunan yang digunakan sangatlah penting. Untuk memperjelas, berikut penjabaran beberapa elemen struktur rumah tahan gempa.


  • Pondasi yang Digunakan

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 4unsplash.com/@jeisblack


Baca Juga  : Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Bekesting

Struktur paling bawah dari rumah tahan gempa ini berfungsi untuk menyalurkan beban ke tanah. Selain harus berdiri di tanah dengan permukaan yang keras, kedalaman minimum dari pondasi haruslah 60 hingga 75 cm.

Selain itu, struktur pondasi rumah tahan gempa juga harus terhubung kuat dengan sloof melalui pembuatan angkur antara sloof dan pondasi dengan jarak 1 m.


  • Pemilihan Beton

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 5unsplash.com/@chatelp

Sebagai bagian umum dari konstruksi bangunan, komponen dak tahan gempa pada rumah tahan gempa harusnya dengan komposisi pasir (agregat halus, kerikil (agregat kasar) air dan semen yang presisi sehingga mengurangi resiko terjadinya retakan yang berujung pada patah atau runtuhnya beton pada saat gempa.


  • Beton Bertulang

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 6pixabay.com

Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Cor Dak Rumah Per m3

Dalam membuat konstruksi rumah tahan gempa, struktur beton bertulang perlu diperhatikan. Selain memastikan tulangan telah dihitung dengan detail sehingga mampu menahan beban inersia gempa, pastikan juga komposisi dari campuran beton diukur dan dicampur dengan presisi sehingga beton bertulang yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik.


  • Beban Material Rumah Tahan Gempa yang Minimal

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 7unsplash.com/@fancycrave

Setelah memastikan komponen struktur dari rumah tahan gempa telah baik dan benar, lakukan pemilihan material rumah tahan gempa yang tepat, yaitu meminimalisir berbagai material bangunan yang bisa menambah beban dari bangunan tersebut saat terjadi gempa.

Kamu bisa mengganti konstruksi atap konvensional dengan konstruksi baja ringan. Material batu bata atau batako juga bisa diganti menjadi material bata ringan. Dengan material yang tepat, efek gempa pada hunian bisa diminimalisir.


  • Setiap Komponen dalam Rumah Tahan Gempa harus Terikat

6 Konsep Terbaik Rumah Tahan Gempa Seluruh Dunia 8unsplash.com/@hngstrm

Masih sedikit terkait dengan elemen struktur dari rumah tahan gempa, selalu pastikan bawha setiap komponen-komponen elemen bangunan, baik struktural dan non-struktural terikat dengan baik satu sama lain. Hal ini akan memperkokoh bangunan dan juga membantu bangunan menyalurkan beban gempa secara lebih merata.

Itulah ciri dan karakter dari 6 konsep rumah tahan gempa seluruh dunia yang perlu kamu pahami sebelum membangun hunian impian untuk meningkatkan daya tahan dan juga keamanan dari hunian. Selamat mewujudkan konsep rumah tahan gempa pada hunian impianmu!


Sumber : dekoruma.com


0 Comments