Sebelum anda membangun rumah khususnya rangka atap  baja ringan dan kanopi, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu bentuk, ukuran dan jenis baja ringan. Anda tidak perlu khawatir mencari baja ringan kesana kemari, karena sekarang sudah banyak jasa konstruksi dan toko harga baja ringan yang menawarkan baja ringan dengan kualitas terbaik.
Ingin Bangun Rumah Dengan Baja Ringan ! Kenali dulu Bentuk,Jenis Dan Ukuranya ?
Baca Juga :
Bentuk Baja Ringan
Umumnya, bentuk baja ringan yang sering digunakan ialah bentuk “Canal” atau “C” dan “Omega”. Kedua bentuk itu dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi baja ringan.
Baja ringan berbentuk canal atau omega ini sudah mudah ditemukan di beberapa toko penjual baja ringan atau di jasa pemasangan baja ringan.
Ingin Bangun Rumah Dengan Baja Ringan ! Kenali dulu Bentuk,Jenis Dan Ukuranya ? 1
Yang paling banyak digunakan dan paling sering ditemukan ialah baja ringan berbentuk “Canal” atau “C”. Bentuk ini dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Calal C merupakan profil tertua pada material batang baja ringan.
Macam - macam profil baja ringan ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelum istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih dipakai. Pada profil C kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi “box” atau “kotak”.
 Jenis Baja Ringan
Sementara terkait dimensi ukuran, tebal baja ringan yang lazim digunakan pada konstruksi jenis baja ringan terbaik ini umumnya memiliki ketebalan 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi jenis baja ringan taso. Sedangkan pada reng, ketebalan yang digunakan mulai 0,40 hingga 0,60 mm.
Ingin Bangun Rumah Dengan Baja Ringan ! Kenali dulu Bentuk,Jenis Dan Ukuranya ? 2
Sementara untuk ukuran type profil baja ringan juga bervariasi mulai dari 70 mm hingga 100 mm dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini ditujukan menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang disokongkannya.
 Aksesories baja ringan meliputi :
  • Bracket L, profil tebal 1,5 mm
  • Dynabolt, diameter 12 mm, panjang 100 mm
  • Baut, type self drilling screw. (Ukuran : 12-14×20 bright zinc (untuk truss) 10-16x bright zinc (untuk reng )
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita yang masih pemula mengenal dibidang konstruksi bangunan rumah. Terima kasih telah mengunjungi kanopitop.


0 Comments