Engsel pintu sangat berperan penting untuk sebuah rumah, karna berfungsi untuk mempermudah membuka dan menutup pintu tersebut.
Penempatan engsel terdapat pada pintu bisa pintu rumah minimalis, pintu lemari,dan juga jendela. Engsel pintu juga ada berbagai macam dari engsel pintu kupu tarung, engsel jendela. engsel sendok dan juga engsel pintu lemari, Dengan model pintu klasik dan modern yang berbeda - beda.


Sebenarnya cara memasang engsel pintu kupu tarung sangat mudah di pelajari asalkan tau proses dalam memasang engsel pintu tersebut. Dan kami mencoba memberikan tips dan trik dalam Cara Mudah Memasang Engsel Pintu kupu Tarung sesuai dengan pengalaman kami, adapun caranya sebagai berikut :



  1. Kita persiapkan peralatan pertukangan seperti : meteran ,pahat, mesin bor, siku, pensil,obeng men dan ples, dan mesin serut serta engsel yang akan di pasang
  2. Kita siapkan bahan yang akan beri engsel pintu kupu tarung. entah itu pintu rumah, pintu lemari atapun jendela prosesnya sama saja, cuma penempatannya yang berbeda contoh seperti jendela bisa di tempatkan di atas atau di samping, kalau pintu lemari dan pintu rumah jelas penempatan engsel ada di samping. jangan lupa pasang tarikan pintu pada pemasangan pull handle pintu, agar pemasangan gagang pintu panjang tidak terlalu susah.
  3. Sesuaikan pintu kupu tarung tersebut hingga benar-benar pas dan tepat pada posisinya, bila kurang pas bisa di serut dengan menggunakan mesin serut. dengan posisinya yang masih terletak pada tempatnya anda tinggal menempatkan engsel tersebut pada pintu dan bingkai. Ini bertujuan supaya pintu dan bingkai pas dan tepat seperti yang di inginkan. dan ini di sebut mengemal engsel pada bingkai lalu ambil untuk proses selanjutnya
  4. Selanjutnya ambil pintu tersebut untuk proses selanjutnya, pahat pintu tersebut pada bagian untuk engsel dengan kedalaman lebih dalam 1mm dengan tebal engsel tersebut. Namun bila yang di pahat sebelah saja maka kedalamannya tinggal di tambahkan jadi satu. dan jangan lupa untuk menandai tinggi handle dari lantai.
  5. Letakkan engsel tersebut untuk membuat tanda lubang pada engsel tersebut supaya pas dan tepat, bila sudah tepat lalu di bor yang sudah di tandai, dan lakukan juga pada bingkai pintu. Untuk mata bornya bisa menggunakan paku yang di sesuikan besar kecilnya sesuai dengan mata sekrup dengan ukurannya di kecilkan sedikit supaya tidak longgar.
  6. Pasang engsel pada pintu kupu tarung tersebut setelah itu baru di pasang pada bingkai pintu, tanpa harus melepas pen pada engsel tersebut. sama prosesnya dengan cara memasang engsel pintu lemari.
  7. Coba untuk membuka dan menutup pintu kupu tarung tersebut berulang-ulang untuk mengetahui baik apa belum lubang kunci sloot pintu kupu tarung tersebut.
  8. Bila ada yang masih seret ( gesek ) anda tinggal melonggarkannya dengan mesin serut.
Demikian artikel kami tentang Cara Mudah Memasang Engsel Pintu Kupu tarung Untuk Rumah Minimalis, semoga dapat bermanfaat untuk semuanya selamat mencoba dan terima kasih.



0 Comments