Sebenarnya talang air cor merupakan talang yang terbaik dari sisi kekuatan dan daya tahannya. Namun kadangkala terjadi beberapa kasus talang air merembes, sehingga terdapat genangan air di lantai rumah.Adapun Kelebihan dan kekurangan pemasangan talang.  Berikut cara cepat atasi talang cor bocor dirumah. Semoga trik berikut ini dapat membantu menangani masalah tersebut.
Cara Cepat Atasi Talang Air Cor Bocor Dirumah
Baca Juga Artikel : 

  1. Periksa titik kebocoran pada talang air, jika talang berada di atas plafon, buka model plaon terlebih dahulu. Namun jika posisi talang jauh di atas plafon Anda dapat memeriksanya lewat atas plafon, masuk melaui pintu darurat plafon.
  2. Jika titik kebocoran telah ditemukan, ukur dan tandai bagian plafon yang bocor dari dinding yang paling dekat. Hal ini memudahkan kita untuk memperbaiki talang air dari atas.
  3. Talang cor beton bisa bocor atau merembes dari beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain: adonan cor yang kurang baik pada saat pengecoran, tidak dilapisi aci kembali di atasnya setelah pengecoran, atau adonan nat pasanga dinding talang yang kurang baik pula, sambungan antara cor beton dengan dinding lama yang tidak menyatu akibat tidak dibobok.
  4. Periksa dengan menyiram air ke talang beberapa ember, jika terjadi genangan pada bagian tengah atau beberapa titik di lantai talang, maka hal ini akan menyebabkan rembesan, karena air terlalu lama tergenang pasti akan meresap ke bawah dan terjadilah kebocoran di beberapa titik.
  5. Solusinya melakukan penebalan pada lantai talang menggunakan adukan semen dan pasir beton. Lakukan tahap berikut: siapkan acian semen abu-abu, dan adonan pasir beton yang telah diayak dengan perbandingan 1 bagian semen dan 1,5 bagian pasir beton, beri air secukupnya hingga menjadi adonan plester.
  6. Jika ujung atap (baik genteng maupun asbes atau seng) menganggu, geser terlebih dahulu sehingga terdapat ruangan yang longgar untuk kita melakukan perbaikan talang air.
  7. Pasang benang pada lantai talang di kedua ujung talang, gunakan paku beton sebagai pegangannya. Atur kemiringan ke arah lubang pembuangan air talang.
  8. Taburkan dan ratakan acian kental keseluruh bagian lantai talang.
  9. Tebarkan dan ratakan benang adonan semen dan pasir menggunakan centong dan gosokan kayu, tinggi plesteran harus rata dengan benang, gosok dan haluskan permukaan plesteran talang. Jangan sampai ada lekukan yang menyebabkan air tergenang.
  10. Jika plesteran agak kering, siram dengan aci kental dan ratakan hingga tidak ada lobang kecil sekalipun yang terdapat di lantai dan dinding talang.
  11. Tutup kembali ujung atap, rapikan jika plesteran telah kering.
Semoga saja cara memperbaiki talang air bocor di atas dapat memecahkan persoalan Anda.
Baca Juga Artikel :


0 Comments