Pintu pagar merupakan pengaman dari suatu rumah dan memiliki bentuk dinamis dan kesan modern. pagar pintu ini terletak di awal masuk dari rumah tersebut. pagar pintu ini biasanya memiliki 2 bentuk yaitu posisi pintu yang panjang menggunakan system didorong. dan posisi pintu yang pendek hanya dibuka. pintu pagar yang panjang ini media jalan menggunakan rell. jika pintu pendek ini menggunakan engsel.


Baca Juga : Model Terbaru Pagar Tembok Klasik Dengan Nuansa Minimalis

 Proses pemasangan engsel kelihatannya gampang sekali ya. Padahal pekerjaan tersebut menuntut ketelitian dan kecermatan yang sangat tinggi. Terlebih saat menyesuaikan ukuran pintu dengan kusen, serta menentukan posisi pemasangan engsel yang tepat. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan pintu tidak dapat berfungsi dengan baik.
cara 1 : Pengukuran Pintu dan Kusen
 Langkah pertama Mulailah dengan mengukur lebar dan tinggi pintu rumah serta kusen menggunakan meteran/pita ukur. Usahakan ukuran pintu dan kusen tersebut tidak sama persis, melainkan menyisakan celah yang terdapat di antara bidang keduanya. Idealnya, celah yang terbentuk di antara pintu dan kusen pada sisi kanan dan kiri adalah 3 mm, bagian bawah sekitar 5 mm, dan bagian atas kurang lebih 1 mm. Untuk menyesuaikan ukuran pintu terhadap kusen, Anda bisa menyerut permukaannya memakai serutan kayu manual atau pun mesin serut.


 2 : Penentuan Posisi Engsel
 Agar engsel mampu menahan beban pintu dengan baik, disarankan untuk memasang tiga engsel sekaligus pada masing-masing pintu dengan ukuran menyesuaikan ukuran pintu. Engsel yang pertama dipasang pada ketinggian 13 cm di bawah bagian pintu paling atas. Engsel yang kedua dipasang pada ketinggian 25 cm di atas bagian pintu terbawah. Dan engsel yang ketiga dipasang persis di tengah-tengah antara engsel pertama dan engsel kedua.

cara 3 : Pengelasan Tempat Engsel
 Jangan langsung menempelkan engsel begitu saja pada pintu dan kusen, melainkan buat tempat engsel terlebih dahulu agar hasil pekerjaan Anda terlihat rapi. Caranya tandai lah sisi samping pintu dan kusen tepat di posisi yang sudah ditandai memakai alat mata profil yang berbentuk lop. Karena engsel pintu besi ini berbentuk bulat dan terbuat dari besi. mulailah dengan menempelkan salah satu engsel dimulai dari atas menggunakan las. setelah menempel jangan lupa untuk memberi pelumas oli dan cobalah dengan menggoyangkan engsel tersebut sampai bisa berputar.

Baca Juga : Desain Pagar Bambu Unik Untuk Rumah Minimalis
cara 4 : Pemasangan Engsel Pintu
 Engsel dipasang di pintu terlebih dahulu, kemudian baru tempelkan ke media engsel. Letakkan engsel tepat pada tempatnya, lalu lekatkan dengan pengelasan. setelah hilangkan sisa pengelasan dan cek lagi apakah pengelasan engsel tersebut sudah kuat.
cara 5 : Pengecekan Hasil Pekerjaan
 Anda perlu memeriksa hasil pekerjaan pemasangan engsel yang telah Anda lakukan. Adapun caranya mudah sekali, cobalah membuka dan menutup selama berulang-ulang kali. Jika pintu terasa lancar saat dibuka-tutup, ini berarti Anda telah sukses dalam memasang engselnya. Akan tetapi bila gerakan pintu terasa seret dan sulit bergerak maka tuangkan cairan oli bekas kedalam engsel tersebut.


Demikian sedikit wawasan tips memasang engsel pagar minimalis. semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang sudah membaca blog saya, sekian terima kasih jangan lupa untuk berkomentar dimenu bawah ya sobat.


0 Comments