Pengertian dari genteng metal adalah genteng yang terbuat dari bahan metal plat yang sangat ringan kuat dan tidak membebani konstruksi bangunan. Penggunaan genteng metal sudah semakin umum digunakan. Bukan hanya jenis bangunan kantor atau gedung – gedung modern saja bahkan bangunan rumah tinggal pun sudah banyak yang menggunakan genteng tersebut. Salah satu pertimbangan yang banyak diperhitungkan dalam penggunaan genteng metal adalah karena bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan genteng jenis lain.



 Genteng metal memiliki dua jenis yaitu genteng metal polos/colour dan genteng metal pasir. Genteng metal polos memiliki ciri permukaan yang halus dan lebih mengkilat sedangkan genteng metal pasir memiliki permukaan yang kasar. Untuk genteng polos misalnya lebih terlihat elegan dengan warna yang mengkilat sedangkan genteng metal pasir dapat meredam suara berisik. adapun  


Keunggulan Dari Genteng Metal sbb:

  1. Kerangka atap apa saja bisa dikombinasikan dengan jenis genteng ini.
  2. Ringan, sehingga pemasangannya mudah dan menghemat waktu.
  3. Ekonomis, dari sisi harga lebih murah dibandingkan dengan genteng beton.
  4. Dilapisi bahan anti karat
  5. Menggunakan bahan anti pecah jadi lebih aman dari kebocoran.
  6. Dilapisi bahan anti lumut sehingga tidak perlu khawatir untuk mengecat ulang yang tentunya memerlukan biaya tambahan.         


Kelemahan Dari Genteng Metal
  1. Lebih berisik jika turun hujan dibandingkan dengan genteng jenis lain, karena jenis genteng ini terbuat dari metal yang ketebalannya tidak lebih dari 4 mm.
  2. Suhu udara rumah yang memakai genteng metal lebih panas dibanding dengan jenis genteng lain.
  3. Tidak tahan terhadap asam dan cuaca tropis seperti Indonesia dan tidak tahan lama.
  4. Mudah terjadi kebocoran jika tidak hati – hati dalam pemasangan.
  5. Untuk memilih genteng metal yang baik untuk bangunan anda maka perlu diperhatikan pemasangannya agar hasilnya lebih maksimal..sumber dari: http://histeel.co.id/blog/cara-memasang-atap-genteng-metal




0 Comments