Pilih Mana Melamin Dan Pernis Untuk Finishing Pintu kayu Rumah - Kenapa melamin masih sangat banyak digunakan di negara-negara Asia ? Mungkin karena murah. Produk melamin sendiri masih sangat banyak diproduksi dan dijual di pasaran. Walaupun produk melamin ada tandinganya seperti pernis, tidak memungkiri untuk pengrajin finishing pintu kayu di Indonesia tidak menggunakannya. Justru produk melamin diunggulkan hanya karena hasilnya sangat glossy. Jadi pilih mana melamin dan pernis yang cocok untuk finishing pintu kayu rumah Anda?
Pilih Mana Melamin Dan Pernis Untuk Finishing Pintu Kayu Rumah Anda ?

Baca Juga :

Pilihan tidak sebanding dengan harga kesehatan Anda di masa depan. Mengingat masalah kesehatan ini Anda seharusnya lebih selektif dalam memilih produk finishing pintu kayu baik itu melamin kayu atau pernis untuk pintu di rumah. sedangkan produk pernis sendiri yang terbaru adalah acrylic water based. Produk ini  sudah banyak digunakan di negara Eropa dan Amerika. Untuk membandingkan keduanya, Anda bisa melihat dibawah ini:
Pilih Mana Melamin Dan Pernis Untuk Finishing Pintu Kayu Rumah Anda ? 1
  1. Ketahanan cuaca, cat melamin putih tidak tahan cuaca, walaupun sudah diberikan hardener atau pengeras cat, melamin tidak disarankan untuk digunakan di luar ruangan. Jika Anda menggunakan pernis acrylic water based Anda bisa menggunakannya pada furniture eksterior rumah seperti garden furniture.
  2. Kekuatan adhesi, jika merk melamin kayu yang tidak tahan cuaca tentu akan ada efek yang diberikan karena tingkat adhesi yang tidak bagus. Melamin mudah cracking ketika terkena panas sehingga permukaan kayu tidak terlihat mewah lagi. Pernis walaupun terkena panas matahari tidak akan menimbulkan cracking karena memiliki tingkat adhesi yang bagus.
  3. Transparansi, dari segi warna transparan pernis juaranya, mealmin pasti memiliki efek yellowing karena kandungan formalin yang sangat tinggi. Jika pernis acrylic water based tidak menimbulkan yellowing karena tidak mengandung formalin atau kimia berbahaya seperti Biovarnish.
  4. Mudahnya aplikasi, melamin aplikasinya harus menggunaka spet atau spray gun yang memaksa Anda untuk memiliki skill dan alat untuk finishing ini. Berbeda dengan pernis yang hanya membutuhkan kuas dan air saja sebagai alat aplikasinya. Dari segi harga, melamin kayu lebih murah dibandingkan pernis.
Pilih Mana Melamin Dan Pernis Untuk Finishing Pintu Kayu Rumah Anda ? 2

Keempat perbandingan diatas sangat berguna untuk mutuskan Anda menggunakan produk finsihing yang mana, apakah melamin atau berganti pada pernis untuk pintu kayu di rumah Anda.  Finishing pintu terutama pada pintu kayu utama harus dipikirkan resiko warna yang berbeda. Mengapa? Pintu memiliki dua sisi yaitu satu sisi di dalam dan satu sisi di luar. Otomatis sisi pintu bagian luar akan sering terkena panas matahari yang tidak cocok pada cat melamin. Pilihannya ada pada pernis kayu untuk pintu.
Belum lagi dalam hal keamanan dan kesehatan lingkungan. Karena pernis acrylic water based tidak mengandung kimia berbahaya dan standar VOC sangat rendah sesuai dengan peraturan luar negeri, tentu aman dan ramah lingkungan. Salah satu contoh produk pernis acrylic water based yang bisa Anda gunakan dan akses di Indonesia adalah Biovarnish.


0 Comments