Setiap diawal pekerjaan bangunan rumah sering kali kita mendengar tentang istilah Bowplank. Pengertian Bowplank ialah proses pekerjaan awal dari bangunan sebagai penanda sementara yang digunakan untuk menentukan titik-titik as pada area kerja di dalam teknik bangunan rumah sesuai dengan hasil pengukuran yang telah dilakukan sebelumnya.
Pengertian Bowplank Untuk Teknik Bangunan Rumah 1


Baca Juga Artikel :


Karena hanya dipasang untuk sementara waktu, bowplank biasanya dibuat dari bahan yang murah seperti kayu berkualitas rendah. Untuk menentukan ukuran bowplank, Kayu yang berbentuk tiang pancang ini selanjutnya ditancapkan di sudut-sudut area pekerjaan pembuatan bangunan. Sedangkan kayu yang berbentuk papan bekesting dipasang secara horisontal menghubungkan masing-masing tiang pancang agar sesuai dengan denah dan gambar bowplank untuk teknik bangunan rumah.


Pengertian Bowplank Untuk Teknik Bangunan Rumah 2


Terdapat enam syarat yang harus dipenuhi agar pembuatan bowplank benar dan sesuai ketentuan, di antaranya :
  1. Kedudukan masing-masing patok kayu dibuat sedemikian rupa agar kekuatannya terjamin dan tidak mudah goyah.
  2. Posisinya berada di jarak yang cukup dari titik awal pondasi rumah sehingga tidak mengganggu atau diganggu pekerjaan lainnya.
  3. Keberadaannya bisa dilihat dengan jelas sehingga para pekerja bisa mudah menemukannya.
  4. Penanda yang dipasang secara horisontal harus berada di satu bidang yang rata, agar volume tanah urug tidak terlalu banyak perhitunganya.
  5. Arahnya harus diletakkan serempak menghadap ke dalam bangunan kondisi ini juga bisa mempengaruhi jumlah volume pekerjaan besi dan beton untuk pondasi.
  6. Benang merupakan penanda untuk garis tengah pondasi dan pekerjaan dinding bangunan.



0 Comments