Engsel merupakan bagian terpenting dari pintu, karena berfungsi untuk mempermudah membuka dan menutup pintu tersebut.
Penempatan engsel terdapat pada pintu bisa desain  pintu kayu jati, pintu plat besi,dan juga pintu lipat. Engsel juga memiliki berbagai jenis engsel pintu,engsel jendela. engsel sendok dan juga engsel lamari namun mempunyai funsi yang sama cuma caranya yang bebeda.

Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 1

Sebenarnya cara memasang engsel sangat mudah di pelajari asalkan tau proses dalam memasang engsel tersebut. Dan kami mencoba memberikan tips dan trik dalam Cara Mudah Memasang Engsel  Daun Pintu Kayu Jati yang sesuai dengan pengalaman kami, adapun caranya sebagai berikut :
  • Kita persiapkan peralatan pertukangan seperti : meteran ,pahat, mesin bor, siku, pensil,obeng men dan ples, dan mesin serut serta engsel yang akan di pasang
Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 2
  • Kita siapkan bahan yang akan beri engsel entah itu model pintu utama rumah , pintu rak dapur ataupun jendela prosesnya sama saja, cuma penempatannya yang berbeda contoh seperti jendela bisa di tempatkan di atas atau di samping, kalau pintu rak lemari dan pintu rumah jelas penempatan engsel ada di samping.
Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 3
  • Sesuaikan pintu tersebut hingga benar-benar pas dan tepat pada posisinya, bila kurang pas bisa di serut dengan menggunakan mesin serut. dengan posisinya yang masih terletak pada tempatnya anda tinggal menempatkan jenis engsel pintu tersebut pada  bingkai. Ini bertujuan supaya pintu dan bingkai pas dan tepat seperti yang di inginkan. dan ini di sebut mengemal engsel pada bingkai lalu ambil untuk proses selanjutnya
Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 4
  • Selanjutnya ambil daun pintu tersebut untuk proses selanjutnya, pahat  daun pintu tersebut pada bagian untuk engsel dengan kedalaman lebih dalam 1mm dengan tebal engsel tersebut, seperti pada pekerjaan pemasangan baut fisher. Namun bila yang di pahat sebelah saja maka kedalamannya tinggal di tambahkan jadi satu.
Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 5
  • letakkan engsel tersebut untuk membuat tanda lubang pada engsel tersebut supaya pas dan tepat, bila sudah tepat lalu di bor yang sudah di tandai, dan lakukan juga pada bingkai pintu kayu jati. Untuk mata bornya bisa menggunakan paku yang di sesuikan besar kecilnya sesuai dengan jenis baut sekrup dengan ukurannya di kecilkan sedikit supaya tidak longgar.
Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 6
  • Pasang engsel pada daun pintu tersebut setelah itu baru di pasang pada bingkai pintu, tanpa harus melepas pen pada engsel tersebut.
Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 7
  • Coba untuk membuka dan menutup pintu tersebut berulang-ulang untuk mengetahui baik apa belum desain pintu minimalis tersebut.
Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati 8
  • Bila ada yang masih seret ( gesek ) anda tinggal melonggarkannya dengan mesin serut.
Demikian artikel kami tentang Cara Mudah Memasang Engsel Daun Pintu Kayu Jati semoga dapat bermanfaat untuk semuanya selamat mencoba dan terima kasih.


0 Comments