Teknik memasang rak tembok menggunakan baut fisher– Apakah rumah anda memiliki halaman yang luas? Tidak semua rumah saat ini memiliki halaman yang luas, Apalagi kalau kita tinggalnya diperkotaan. Untuk mencari bangunan rumah yang luas untuk saat ini terasa susah dan tentunya membutuhkan dana yan cukup besar. Tetapi bukan berarti memiliki rumah yang sempit tidak dapat menjadikan rumah tersbeut sebagai rumah idaman anda. Saat ini sudah banyak tips-tips tertentu yang dapat membuat rumah sempit anda menjadi lebih menarik. Salah satu cara yang sedang trend saat ini adalah menggunakan rak kayu tempel ditembok untuk tempat penyimpanan barang-barang anda seperti buku, hiasan-hiasan rumah, bahkan dapat menjadi tempat barang elektronik anda seperti televisi, dvd ataupun speaker.


Selain itu, rak-rak kayu menempel biasanya juga dapat dijadikan komponen dekorasi rumah anda sehingga terlihat lebih menarik untuk dilihat. Bahkan anda juga dapat menggunakan rak-rak tempel ini untuk menyimpan barang-barang yang berbahaya bila terkena jangkauan anak-anak dirumah seperti barang-barang pecah belah. Untuk memiliki rak kayu tempel ini, anda tidak perlu membelinya. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada. Nah berikut ini Desain Rak Kayu Tempel Ide Kreatif.

Bahan-bahan pembuat rak kayu:
  1. Kayu atau multipleks
  2. Paku (ukuran kecil)
  3. Sekrup
  4. Cat kayu
  5. Rangka besi (anda dapat memesannya)
Alat-alat pembuat rak kayu:
  1. Palu, digunakan untuk memaku multipleks.
  2. Gergaji, digunakan untuk memotong kayu atau multipleks
  3. Bor, digunakan untuk menempelkan rangka besi pada dinding rumah
  4. Amplas, digunakan untuk menghaluskan bekas potongan pada kayu.
Langkah-langkah untuk membuat rak kayu tempel:
  1. Siapkan rangka besi yang akan anda gunakan. Anda dapat menyiapkan rangka besi seperti huruf E untuk tips membuat rak kayu tempel di tembok sederhana.
  2. Ber lobang pada sisi rangka besi agar dapat ditempelkan dengan paku.
  3. Untuk rak kayunya, anda dapat memotong kayu menjadi 2 lapis sesuai ukuran yang anda butuhkan.
  4. Amplas bagian kayu yang telah dipotong agar halus
  5. Sambungkan bagian-bagian kayu yang telah dipotong sesuai dengan model rak kayu yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan paku-paku kecil. Namun kosongkan salah satu sisi kayu untuk tempat memasukkan rangka besi.
  6. Setelah itu, anda dapat menggunakan cat warna untuk mewarnai rak kayu sesuai dengan keinginan anda.
  7. Kemudian pasang rangka besi pada tembok dan bor dengan menggunakan baut agar kuat.



Sangat mudah bukan untuk membuatnya? Tips membuat rak kayu tempel di tembok sederhana ini dapat anda lakukan sendiri di rumah. Sebenarnya ada beberapa jenis rak kayu jenis yang dapat anda buat, bahkan terdapat beberapa jenis pemasangan kayu tempel yang dapat anda lakukan. Terdapat 2 jenis model rak kayu tempel bila dibedakan dari pemasangannya, yaitu:



Rak kayu tempel dengan kain perekat
Nah berikut ini tips membuat rak kayu tempel di tembok dengan kain perekat.
  • Siapkan beberapa kain perekat. Anda dapat membelinya di toko-toko bangunan terdekat. Biasanya pada kain perekat akan disertakan baut-baut panjang dan baut fisher yang digunakan untuk menahan kain perekat pada dinding rumah anda. sehingga anda tidak perlu mengebor rak kayu anda.
  • Gambarlah garis horizontal di bagian dinding yang akan anda tempelkan rak kayu
  • Anda dapat menggunakan dua tiang kerangka agar lebih kuat
  • Tempelkan rak kayu pada tiang kerangka yang akan ditempelkan pada dinding rumah anda. Sebaiknya gunakan baut fisher.
  • Tandai lokasi penempatan tiang kerangka anda dengan menggunakan pensil. Gambarlah garis vertikal dan perpotongan kedua garis ini akan menentukan lokasi anda untuk memasang baut kayu pada tembok.
  • Lalu pasang kain perekat pada posisi vertikal dan pasang baut kayu di tengah-tengah kain perekat.
  • Lepaskan plastik bening pada kain perekat lalu rekatkan pada sisi atas rak kayu anda. untuk hasil yang maksimal usahakan jangan sampai melepas-pasang kain perekat anda agar daya rekatnya tidak hilang.
Baca juga artikel terkait: 12 Tampilan Terbaru Rak Buku Minimalis.

Rak kayu tempel dengan siku besi
Nah berikut ini tips membuat rak kayu tempel di tembok dengan siku besi yang dapat anda ikuti:
  • Anda dapat menggunakan tiang kerangka untuk membantu meletakkan rak kayu pada diinding kamar anda.
  • Gunakan penggaris panjang untuk menandai lokasi titik tengah dari tiang kerangka dengan garis vertikal.
  • Tempatkan rak kayu pada posisi di antara tiang-tiang kerangka.
  • Anda dapat menggunakan besi siku berbentuk L sehingga besi tersebut dapat menempel pada rak kayu dan dinding rumah anda.
  • Pasanglah baut pada besi siku L dengan menggunakan bor. Usahakan baut yang anda gunakan lebih panjang dari tebal rak kayu anda.
  • Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk menahan rak kayu anda agar posisi penempatannya tepat ketika anda memasangkan baut pada siku besi.
  • Masukkan rak kayu yang telah dibuat pada rangka besi yang telah dipasang 




Tips membuat rak kayu tempel di tembok berkualitas
  • Mengukur ruangan yang digunakan
Sebelum anda membuat rak kayu tempel, akan lebih baik bila anda mengukur terlebih dahulu ruangan yang akan anda letakkan rak kayu tersebut. Ukur juga area dinding yang akan digunakan. Pastikan bila lokasi pemasangan rak kayu tidak akan menganggu aktivitas lalu-lalang anda.
  • Menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan
Kenali bahan-bahan pembuat rak buku gantung dinding yang akan anda buat. Karena posisinya yang digantung, cobalah untuk mencari bahan kayu olahan yang cukup ringan namun dapat kuat menampung barang-barang anda. Usahakan untuk tidak memilih bahan-bahan seperti logam, kaca, dan kayu solid
  • Menyesuaikan rak kayu dengan tema ruangan
Sesuaikan juga jarak kayu anda dengan perabotan yang ada didalam ruangan sehingga tetap terlihat serasi dan enak untuk dilihat.  sumber: renovasi-rumah.net









0 Comments