Inovasi merupakan dasar dari sebuah kemajuan teknologi dalam bidang pengelasan tentunya agar mendapatkan hasil yang bagus dan relatif kuat. salah satunya adalah kemajuan tersebut dalam bidang pengelasan adalah teknik pengelasan dengan gas argon. Pengertian Las Argon ini adalah salah satu metode yang termasuk paling penting dalam pekerjaan baja paduan tinggi atau hugh alloy dan logam bukan besi atau non feroous misalnya aluminium, titanium, tembaga, molibdenum dan paduannya. Dengan stabilitas busur yang tinggi, maka las argon atau Las TIG atau Las GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah terbaik dari pada proses las listrik modern lainnya. Hal tersebut terjadi  karena penyebaran panas yang berlebihan pada benda kerja dikurangi dengan penambahan gas pelindung inert yang juga sekaligus gas pendingin.



Sistem Las argon atau Tig  terdiri dari sumber daya yang dapat dihubungkan. Dalam banyak kasus pada pengelasan arus searah atau bolak-balik, dan pembakar las yang terhubung ke sumber arus las melalui paket selang dan kabel. Paket selang dan kabel saat pengelasan mengalirkan pasokan gas pelindung, arus las, dan air pendingin (untuk sistem pendingin air).


Peralatan Las GTAW TIG (Gas Tungsten Arc Welding) :


1. Mesin Las GTAW.
2. Welding Torch.
3. Tabung Gas.
4. Kawat Las.
5. Tungsten Elektroda.
6. Regulator Tabung Gas

Kelebihan Las Argon Atau TIG

Dibandingkan dengan proses pengelasan fusi lainnya, metode ini memiliki sejumlah keunggulan:
  • Dalam hubungannya dengan las TIG berpulsa dan TIG arus bolak-balik dalam proses pengelasannya dapat meningkatkan kemampuan pencairan material las.
  • Hampir tidak ada cacat las, dan beban kesehatan karena asap las relatif rendah.
  • Elektroda tidak habis sekali pakai, karena pengelasan dilakukan dengan penambahan logam pengisi.
  • Juru las dapat menyesuaikan kekuatan las secara optimal untuk pekerjaan pengelasan.
Kekurangan Las GTAW :
  •  Untuk efisiensi kecepatan las GTAW rendah.
  •  Saat proses pengelasan berlangsung dapat terjadi burnback.
  •  Cacat las porositas atau lubang-lubang kecil sering terjadi jika gas pelindung permukaan.
 pengenalan Las Tig di atas semoga dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas atau dalam belajar tentang Ilmu Pengelasan.pengelasan tidak dapat melindungi secara maksimal.
sumber :  www.pengelasan.net/las-gtaw/ dan Buku Teknik Las GTAW


0 Comments