apakah anda sudah pernah memotong besi pipa holo??? mungkin dulu ya waktu sekolah di smk atau waktu lihat dibengkel atau waktu ada tetangga yang lagi membuat pagar dll. dikonten ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara bagi kita yang belum pernah memotong pipa holo, tetapi kita sudah pernah memakai gerinda.

       begini cara awal saya akan mengulasnya terlebih dahulu.memotong berarti membelah tapi disini yang kita belah adalah besi,maka dari itu kita harus tahu teknik pemotongan karena besi yang kita potong ini panjangnya 6 meter dan apabila dilakukan dengan cara yang salah akan mengakibatkan:

  • kecelakaan kerja 
          dikarenakan kita belum tahu bagaimana cara kerja pemotongan besi.mungkin arah pemotonganya yang salah,atau kita tidak menggunakan alat pelindung diri atau k3.

  • Banyak membuang matrial dari pada memakainya

           Itulah yang akan terjadi apabila kita tidak menguasai pemotongan besi.karena besi holo bentuknya memanjang jika kita tidak memaksimalkan ukuran demi ukuran yang kita pakai maka percuma banyak membuangnya dari pada memakainya.kebiasaan ini sudah terjadi pada posisi awal kita memotong besi.


  • Alat kerja yang kita pakai rusak


            Pada waktu memotong kita akan menggunakan alat yang namanya gerinda.dan memakai batu potong yang khusus untuk memotong besi.cara kerjanya bagi pemula mungkin cara pegangnya masih belum pas dan tangan kita masih gemetar karena kecepatan getaran mesin gerinda yang membuat kita masih tidak percaya diri.santai saja dalam melakukan pemotongan hindari penekanan pada waktu memotong agar tidak terjadi patah pada batu potong yang kita gunakan.

ketika kita hendak memotong,perhatikan tempat kerja yang kita gunakan,bisa dilantai atau diatas benda kerja seperti penjepit dan meja kerja.
   apakah kalian sudah mengerti tahap awal dari memotong besi??........ mari kita coba.....

  • siapkan peralatan kerja seperti:gerinda potong,sarung tangan,kacamata safty, penggaris siku dan alat tulis dan jangan lupa meteran.



  • siapkan tempat kerja yang bersih dan jauh dari pemukiman anak-anak kecil karena suara gerida sangat keras.


  • pilihlah besi jangan terlalu tebal karena ini hanya baru mencoba memotong.






  • pakailah siku penggaris dan alat tulis untuk menanadai agar sesuai dengan yang kita potong.

  • perhatikan arah api pada waktu kita memotong jangan sampai mengenai mata kita.


  • pakailah beban tangan kita untuk satu memeang matrial dan satu menjalankan mesin gerinda

dan selalu berhati-hati dalam melakukan pekerjaan semoga sukses ya teman-teman.by.....irul






















0 Comments