Apa yang dimaksud dari besi galvanis itu....mungkin yang terbenak dalam ingatan kita adalah besi berkarat atau tahan karat.ya benar sekali memang definisi dari besi galvanis tersebut memiliki daya tahan anti korusif,karena besi tersebut sudah dilapisi oleh sejenis kimia antiklorida atau galvanis.
Sebenarnya besi galvanis itu ada banyak sekali jenisnya, beda penggunaan beda juga material yang dipakai sebagai bahan dasar pembuatannya, salah satunya yaitu pipa galvanis. Pipa galvanis adalah pipa yang terbuat dari besi namun diberikan lapisan seng sebagai zat kimia yang berfungsi untuk mencegah korosi. Dengan adanya lapisan ini, pipa galvanis akan lebih awet meskipun disimpan pada ruangan dengan suhu yang lembab sekalipun. Proses pelapisan seng ini dilakukan dengan merendam bahan baja ke dalam lelehan seng, proses ini disebut dengan galvanisasi hot dip.
Pipa galvanis bisa digunakan untuk mengalirkan air, gas, udara maupun objek tertentu yang bisa dialirkan dengan pipa. Bahkan jika objek yang dialirkan memiliki tekanan yang cukup tinggi sekalipun, akan tetap aman dialirkan melalui pipa galvanis ini. Tidak hanya itu saja, pipa ini juga aman digunakan untuk mengalirkan cairan yang bersifat mempercepat proses korosi.Selain berfungsi untuk mengalirkan berbagai objek, pipa galvanis ini juga memiliki fungsi lain seperti berikut ini:

adapun fungsi dari besi galvanis selain mengalirkan air dan gas memiliki fungsi lain antaralain;
  • Pagar rumah
Yap, pipa ini sekarang juga menjadi salah satu material yang banyak digunakan untuk pembuatan pagar rumah. Pemasangannya cenderung tidak sulit dan awet.

  • Pelindung kabel
Pipa galvanis juga sering digunakan sebagai pelindung kabel agar tidak mudah putus. Namun fungsi ini biasanya digunakan untuk kabel yang berada di luar ruangan, seperti untuk tiang listrik.

dan masih banyak lagi dari kegunaan besi galvanis yang berhubungan dengan industri atau bengkel rumahan.




0 Comments